Jumat, 16 Oktober 2015

Tips Hemat Bensin / BBM Motor

hello broter biker ini ada sdikit Tips ampuh buat motor agan biar tambah ngirit BBM, simpel sih sebenarnya tp penting banget n butuh di perhatiin gan..langsung aja chek dibawahh baca sampe abis trus terapin bro n sis...dijamin tambah joss motor agan mimin hehehe....

1. cdi racing

Mengingkatkan power mesin sekaligus ngirit bensin,lewat mengatur ulang timing pengapian.umumnya dibikin lebih maju dari timing standartnya.paling gampang,ganti otak pengapian dengan CDI tipe racing seprti merk TDR, Kawahara, BRT yg sudah teruji.Dari hasil test,penerapan langkah ini terbukti mengefisiensikan pemakaian BBM hingga 15% terbukti dan tidak ada efek negatif pada motor.

2.atur jarak main rem

Sebab,"bila rem sampai menempel/seret tentu akan bikin lari motor jadi berat.sehingga pemakaian bensin tidak sesuai sama jarak tempuh motor".makanya,atur jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakangminimal 1/3 dr jarak main tuas secara keseluruhan."jangan telalu rapat,krn dikhawatirkan kampas rem jd menempel".

3.Kekentalan pelumas/oli

Pilih type oli yang seuai dengan mesin motor anda karena daya lumas oli yg baik,mampu membuat kitiran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar sempurna.ini akan menciptakan power mesin lebih optimal.sehingga lari motor lebih enteng, ingat pengantian oli yg rutin dan tak melebihi batas servis yg di anjurkan(tiap 2.000-2.500KM),akan membuat performa mesin selalu segar dan putarannya lancar.

4.cek tekanan ban

Sangat sepele,tapi besar manfaatnya dlm menekan konsumsi bensin.karena klo tekanan angin kurang,sesuai riset,dapat menimbulkan keborosan BBM 10-15%.jadi pastikan tekanan ban di motor selalu tepat sebelum mengendarainya.

5.cek kondisi roda

Missal dr kelurusan putaran,kelancaran putaran roda dan lainnya. Karena bila putaran roda berat atau tak presisi,jelas akan memperlambat laju motor.pemicunya pelek tidak center(speleng),bearing roda aus,atau kurang pelumasan dll.

6.setel klep

celah klep terlalu longgar atau rapat bisa bikin tenaga mesin turun. pengendara pun cenderung membetot gas lebih dalam demi meraih akselerasi cepat.efek na,BBM banyak terpakai,untuk itu,kerenggangan komponen ini kudu disetel tepat.sesuai spesifikasi motor masing".

7.setel kopling

ini juga berpengaruh terhadap konsumsi BBM.setelanya jngn sampai terlalu sensitif.maksudnya,saat tuas kopling ditekan,gigitan kampas kopling jd cepat ngelos.hal ini bikin kopling mudah selip saat gas di pelintir.lari motor pun jd tertahan,tp putaran mesin meninggi.selain itu,pastikan pula kondisi kampas kopling masih berperforma baik.bisa sudah tipis/aus segeralah ganti baru.

8.busi

Ganti busi bawaan motor dengan kualitas yg lebih baik misalkan dengan busi type Platinum atau yang ujung elektrodanya runcing sehingga bisa terpusat percikan apinya. Perhatikan juga kode busi(yg mnentukan busi panas/dingin) sesuaikan dengan bawaan motor.

9.filter karburator

Ganti filter udara jika sudah sangat kotor kalau filter jenis viscous element tak boleh di bersihkan atau disemprot angin bertekanan.sebab akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya.bila tampak kotor kudu diganti baru.tapi yg berbahan busa,masih bisa dicuci.nah,saat sebelum filter karbu di ganti,konsumsi BBM vario itu dalam pemakaian normal hanya 34-35km/liter.namun setelah di ganti baru,konsumsi BBM tembus 38km/liter.tarikan motor pun jauh lebih enteng dibanding sebelum ganti filter.

10. memakai bahan Adictif

Tak ada salahnya jika mau aplikasi part" pengirit bensin kayak: -power FX -femax -ring bensin -dan sebagainya. sebab berdasarkan hasil riset,part" itu memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 10%.

11. upgrade pengapian

Sudah disinggung,busi berperan penting bagi tenaga mesin.nah,ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas percikannya.contoh adopsi peranti pengapian berspesifikasi high performance macam booster koil atau koil racing.langkah ini sudah di buktikan mampu membuat irit konsumsi BBM di motor dan tidak ada efek negatif pada motor.

12. ringan kan beban motor

Motor yg berat,bikin lari ikut berat.pengendara jadi sering memilintir gas dalam" saat mau berakselerasi cepat.jd sebaiknya hindari pemakaian aksesoris berlebihan yg dapat membuat bobot motor bertambah.gunakan variasi yg berbobot enteng/ringan.misal pelek alumunium,swing arm dan sebagainya.

13. cara berkendara

kesemua cara ngiritin BBM ini akan percuma bila tak dibarengi cara berkendara yg benar!!.kalo anda masuk suka kebut"an,sering memblayer gas saat motor berhenti,sering main selip kopling dan lain"nya.sebaiknya,jalankan motor dengan kalem,mengurut gas perlahan-lahanwaktu berakselerasi,memposisikan perseneling pd kondisi kecepatan dan putaran mesin yg pas,dijamin konsumsi BBM anda akan jauh lebih irit.

kalo agan lakui Tips Hemat Bensin / BBM Motor dijamin dah pasti tambah irit bbm nya, meskipun ada bahan yg harus di beli terlebih dahulu tapi itu untuk jangka panjang gan..n g bakal rugi jangka panjangnyya...selamat mencoba.

Senin, 12 Oktober 2015

Modifikasi Vario 150 eSP Minimalis

  Untuk para bikers Vario 150 eSP ini sedikit modifikasi Honda New Vario 150 eSP. Tentu para pelaku modifikasi motor ini harus memperhatikan setiap hal pada saat memodifikasi motor tersebut. Jika hanya ingin merubah penampilannya saja, maka para pelaku modifikasi ini hanya perlu memasang beberapa aksesoris motor yang cocok untuk Honda New Vario 150 eSP tersebut, dan dibawah ini kami telah sajikan gambar dari contoh hasil modifikasi simple Honda New Vario 150 eSP.
Honda Vario 150 eSP Gold



  Foto diatas hanya penambahan aksen gold. tampilan pun menjadi berbada tambah keren cocok untuk modif minimalis.
Kemudian ini striping modifikasi garapan Motoblast.org sangat recomended buat agan yang pengan Vario 150 eSP tampil beda.

vario 150 white super carbon 4

vario 150 white super carbon 2

Satu lagi modifikasi yang agak memerlukan budget lebih

 Modifikasi Vario 150 eSP
ini nih yang lebih keren udah pke striping trus sektor kaki - kaki juga turut diganti dengan produk aftermarket. Velk nya diganti dengan ukuran yang lebih lebar dari originalnya jadi lebih bisa mengisi kekosongan di kaki - kaki dan juga lebih pas dengan body Vario 150 eSP yang terlihat besar.


Jika anda lihat, untuk merubah penampilan motor New Vario 150 menjadi lebih elegan tentu para pelaku modifikasi motor ini tidak harus melakukan hal yang extreme untuk merubah penampilan motor tersebut, karena dengan menempelkan beberapa aksesoris saja, maka penampilan motor pun bisa menjadi lebih keren dan bergaya dari sebelumnya. Masih banyak hal yang harus anda perhatikan pada saat memodifikasi motor Honda New Vario 150 eSP supaya anda bisa menampilkan hasil modifikasi motor yang bagus dengan motor matic dari Honda tersebut.


Sumber Gambar :
- http://cxrider.com/2015/05/13/konsep-modifikasi-new-vario-150-esp-vario-125-esp-elegan-sangar/
- http://motoblast.org/2015/08/11/modif-striping-honda-vario-150-esp-white/